Tips Merawat Laintai Interlock Futsal

Agar mendapatkan lapangan futsal yang senantiasa terlihat bersih dan terawat tentu dibutuhkan tips merawat lantai interlock futsal yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak semua karpet dapat dibersihkan dengan satu cara saja, sebab ada banyak jenis karpet dan tentunya ada banyak cara perawatan. Pembersihan dan perawatan lapangan futsal tidak hanya berguna untuk kondisi lapangan tersebut saja, melainkan juga untuk para pemain.

1.     Kenali Jenis Karpet Futsal

Ada setidaknya empat jenis karpet lapangan futsal yang sering digunakan sebagai alas lantai, keempatnya yaitu interlock, rumput sintetis, vinyl dan flexi pave. Keempatnya tentu memiliki karakter yang berbeda, meskipun sama-sama terbuat dari bahan yang bermutu tinggi. Permukaan keempat jenis karpet itu juga berbeda sehingga membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.

Itulah sebabnya pengetahuan akan jenis karpet yang digunakan di tempat yang akan dibersihkan sangat penting. Hal ini berkaitan dengan cara dan waktu pembersihan yang harus sesuai. Jika keliru, maka bisa jadi malah membuat karpet cepat rusak atau malah bisa membahayakan pemain ketika menggunakannya.

2.     Gunakan Pembersih yang sesuai

Deterjen untuk membersihkan lantai dan karpet tersedia dalam bermacam-macam komposisi. Setelah mengetahui jenis karpet yang akan dibersihkan, tentu hal selanjutnya adalah memilih detergen yang sesuai untuk jenis karpet tersebut.

Namun, jika memang belum yakin dengan pilihan detergen yang akan digunakan, maka bisa memilih deterjen dengan komposisi yang paling ringan. Hal ini berguna agar detergen tidak merusak permukaan karpet sehingga tidak mengubah tekstur dasarnya.

Salah satu sabun atau pembersih yang kerap digunakan untuk membersihkan karpet adalah sabun cuci piring. Selain karena pH-nya netral, sabun ini juga mampu membuat karpet tetap kesat sekaligus menghilangkan kotoran.

3.     Cara Pembersihan yang Benar

Sama halnya dengan pemilihan deterjen, cara pembersihan karpet juga masuk dalam tips merawat karpet futsal yang disarankan. Biasanya Anda harus menyapu terlebih dahulu permukaan karpet sebelum mengepelnya dengan deterjen khusus. Proses penyapuan ini berguna agar kotoran tidak menyebar dan malah menempel ketika dipel.

Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu untuk membersihkan sela-sela karpet yang tidak bisa dibersihkan dengan sapu biasa. Setelah disapu dan dipel, maka ada baiknya untuk tidak menggunakan lapangan tersebut sebelum lantainya benar-benar kering.

Tujuannya jelas, selain agar tidak terjadi resiko kecelakaan karena lantai masih basah, juga agar karpet tidak menjadi kotor kembali karena kotoran yang pastinya akan lebih menempel ketika basah. Waktu untuk menunggu lantai kering ini tentu bermacam-macam, tergantung jenis karpet yang digunakan.

4.     Pembersihan Terjadwal

Membersihkan dan merawat karpet futsal secara berkala adalah kunci agar karpet bisa tetap terjaga hingga waktu yang lama. Ketika diadakan perawatan rutin, tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada baiknya untuk menetapkan jadwal yang pasti untuk pembersihan semacam ini.

Hal ini bertujuan agar pemain yang akan menggunakan lapangan tidak terganggu karena harus menunggu lantai kering terlebih dahulu. Selain itu, proses pembersihan juga jadi lebih maksimal karena tidak diburu waktu seperti ketika akan digunakan.

Untuk menghemat waktu pembersihan, ada baiknya untuk menyapu lantai futsal setiap kali selesai digunakan. Dengan demikian kotoran yang ada tidak akan menumpuk. Sedangkan untuk pembersihan dan perawatan karpet secara keseluruhan bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Dengan menerapkan tips merawat karpet futsal yang benar, maka biaya peremajaan karpet bisa ditekan karena tidak harus sering mengganti karpet. Selain itu, perawatan yang benar akan membuat lapangan futsal menjadi nyaman saat digunakan.

Kelebihan Lantai Interlock Futsal

1. Tahan Lama

Salah satu hal yang penting di perhatikan ketika memulai bisnis penyewaan lapangan ialah dengan memakai jenis lantai yang tahan lama. Agar tidak butuh banyak mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan terhadap lantai interlock.

Sehingga lapangan tetap bagus dan awet juga banyak yang datang untuk memakai lapangan Anda karena lapangan yang tahan lama dan tetap bagus.

2. Permukaan Halus dan Lunak

Memiliki bisnis penyewaan lapangan juga harus memperhatikan keamanan pengguna lapangan. Agar tidak terjadi peristiwa yang tidak kita inginkan, maka dari itu penting memilih interlock yang memiliki permukaan yang halus dan lunak.

Supaya pemain yang menggunakan dan menyewa lapangan Anda tetap aman dan nyaman saat bermain.

3. Pemasangan yang Mudah

Memasang interlock futsal sangat mudah karna memiliki sistem knock down portable jadi pemasangannya lebih mudah. Dan menghebat waktu dan biaya sehingga lapangan Anda siap digunakan tanpa perlu waktu lama.

4. Memiliki Berbagai Macam Warna

Untuk bisnis penyewaan lapangan pasti akan sangat menarik jika lapangan yang Anda sewakan memiliki berbagai macam warna. Pasti akan sangat menarik perhatian para pemain untuk menyewa lapangan Anda.

Selain itu lapangan yang berwarna warni akan memberikan kesan ceria, aman dan bersih.

5. Mudah di Bersihkan

Jika lantai lapangan selalu terlihat bersih pasti akan banyak yang tertarik untuk menggunakan atau menyewa lapangan Anda. Karena mereka akan merasa nyaman dan aman dengan keadaan lapangan yang bersih dan terawat.

Cara membersihkannya sangat mudah hanya dengan menyapu terlebih dahulu semua permukaan. Lalu pel lantai interlock menggunakan kain pel yang lembut dan gunakan air cairan khusus lantai interlock.

Dengan rutin di bersihkan lantai interlock akan bersih dan warnanya tidak cepat pudar.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan interlock futsal untuk bisnis penyewaan lapangan olahraga Anda?

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang lantai interlock futsal termurah

widget

Halo, saya Andika Gunawan.
Silakan konsultasi gratis dengan Call/WhatsApp saya di nomor 081335666607 untuk mengetahui info RAB maupun bahan material lapangan badminton, futsal, voli, dan basket.