Kontraktor Lapangan Olahraga
 Jasa Kontraktor Lapangan Terpercaya

Mengetahui Standar Ukuran Lapangan Mini Soccer




Ukuran Lapangan Mini Soccer
Ukuran lapangan mini soccer. Foto: Freepik

Saat mengadakan pertandingan mini soccer, tentu tak bisa dilepaskan dengan pemilihan lapangan yang berkualitas. Lebih dari itu, memahami ukuran lapangan mini soccer juga tak kalah penting untuk menunjang kelancaran pertandingan.

Seperti jenis olahraga bola lainnya, terdapat standar yang berlaku secara nasional maupun internasional berkaitan dengan ukuran lapangan sepakbola mini. Standar tersebut dapat dijadikan acuan bagi siapa pun yang ingin membuat lapangan mini soccer untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Untuk mengetahui ukuran standar lapangan mini soccer beserta detailnya, simak pemaparan berikut ini.

Ukuran Standar Lapangan Mini Soccer


Ukuran Lapangan Mini Soccer
Ukuran standar mini soccer. Foto: Freepik

Mini soccer dikenal sebagai jenis permainan bola yang dimodifikasi dari sepakbola regular. Pasalnya, tujuan permainan sepakbola mini tak jauh berbeda dengan sepakbola biasa, yakni mencetak gol ke gawang lawan untuk memenangkan pertandingan. Kendati demikian, terdapat sejumlah aspek yang membedakannya dengan sepakbola biasa. Salah satunya, ukuran lapangan mini soccer yang jauh lebih kecil.

Jika ditinjau berdasarkan standar nasional, lapangan mini soccer memiliki panjang 50 meter dan lebar 20 meter. Sedangkan ukuran lapangan mini soccer sesuai standar internasional memiliki panjang 50 meter dengan lebar sebesar 30 meter.

Di sisi lain, World Minifootball Federation (WMF) menetapkan standar ukuran lapangan sepakbola mini berkaitan dengan toleransi touchline atau garis pembatas dan goal line atau garis gawang.

Panjang touchline atau garis pembatas minimal 46 meter, sedangkan panjang maksimalnya 50 meter. Sementara itu, panjang goal line atau garis gawang minimal 26 meter, maksimal 30 meter.

Perlu Anda ketahui pula bahwa area gawang pada lapangan mini soccer juga memiliki standar tersendiri. Secara umum, tinggi gawang pada permainan mini soccer sebesar 2 meter dengan lebar 5 meter. Adapun arak tendangan penalti dengan garis gawang mini soccer biasanya sebesar 9 meter. Untuk area penalti dalam permainan sepakbola mini, umumnya berukuran 12 meter x 13 meter.

Aturan dan Persyaratan yang Ditetapkan

Ukuran lapangan sepakbola mini yang lebih kecil dibandingkan sepakbola biasa, ternyata berpengaruh pada aturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas sepakbola. Misalnya saja, jumlah pemain mini soccer setidaknya terdiri dari 5 hingga 7 orang dalam satu tim. Durasi permainan mini soccer juga jauh lebih singkat dibandingkan sepakbola reguler, yakni 2 x 20 menit.dengan jeda istirahat selama 10 menit.

Peraturan lainnya berkaitan dengan pertandingan mini soccer, yakni ketentuan dalam tendangan sudut, tendangan bebas, hingga aturan out of bonds. Menurut informasi yang dihimpun, tendangan sudut dalam permainan mini soccer diberikan kepada tim yang tak bertanggung jawab terhadap bola yang keluar dari batas lapangan.

Sedangkan aturan tendangan bebas dalam permainan sepakbola mini merupakan bentuk hukuman untuk jenis pelanggaran tertentu, seperti terjadinya tackling terlalu kasar hingga bola mengenai tangan atau handball.

Adapun aturan berkaitan dengan bola keluar dari batas lapangan (out of bonds), permainan sepakbola mini akan dihentikan. Kemudian, pertandingan akan dilanjutkan kembali degan tendangan dari titik lokasi sesuai peraturan yang berlaku.

Pentingnya Kesesuaian Ukuran Lapangan Mini Soccer

Menerapkan ukuran lapangan mini soccer sesuai standar merupakan langkah penting yang wajib dipertimbangkan. Pasalnya, ukuran lapangan yang sesuai memungkinkan integritas permainan mini soccer tetap terjaga dan menjamin keamanan para pemain selama pertandingan berlangsung.

Disadari atau tidak, kesesuaian ukuran lapangan mini soccer juga memudahkan Anda dalam memastikan kelancaran permainan dari awal hingga akhir. Sebab, kondisi itu memungkinkan adanya ruang yang cukup bagi para pemain dalam mengoptimalkan strategi permainan.

Ukuran lapangan yang sesuai juga mengurangi risiko cedera akibat ruang gerak yang terlalu sempit atau bahkan terlalu lebar untuk standar permainan sepakbola mini. Terlepas dari itu semua, penggunaan ukuran lapangan mini soccer yang tepat bertujuan untuk memastikan kompetisi berlangsung dengan fair dan aman bagi seluruh pemain yang bertanding.

Tips Perawatan Lapangan Mini Soccer


Merawat lapangan mini soccer
Tampilan lapangan mini soccer. Foto: Unsplash

Kurang lengkap rasanya jika penggunaan lapangan mini soccer sesuai standar tanpa diiringi dengan perawatan yang tepat. Agar lapangan sepakbola mini tetap berfungsi dengan optimal, berikut sejumlah tips perawatan yang bisa Anda coba.

  1. Pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala, seperti mengecek dan melakukan perbaikan area lapangan yang rusak serta memastikan kondisinya tetap baik.
  2. Cek kondisi sistem drainase agar tetap berfungsi dengan baik. Pastikan sistem drainase bebas genangan air yang berpotensi merusak permukaan lapangan.
  3. Pastikan garis lapangan selalu terlihat dengan jelas agar pertandingan tetap berjalan lancar.
  4. Periksa dan lakukan perbaikan pada permukaan lapangan secara berkala untuk mencegah adanya lubang atau ketidakrataan pada struktur lapangan.
  5. Cek kondisi gawang. Apabila terdapat kerusakan, segera lakukan perbaikan agar kondisinya tetap aman digunakan.

Itulah uraian singkat seputar ukuran lapangan mini soccer serta sejumlah tips untuk merawatnya agar tetap dalam kondisi baik. Pastikan Anda memperhatikan keseluruhan aspek di atas sehingga permainan mini soccer berlangsung dengan aman dan lancar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


ragasportflooring
RagaSport Flooring adalah perusahaan yang berdiri sejak 2011, bergerak di bidang jasa spesialis flooring olahraga.
Our Contact
Perum Wisma Katang, Blk. B No.18, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur

 2024 PT Ragasport Gunawan Mandiri. All Right Reserved.