Mengupas Hobby Futsal

Futsal merupakan permainan yang mirip dengan sepak bola, namun memiliki perbedaan pada ukuran lapangan, jumlah pemain dan aturan. Tujuan dari futsal sama dengan permainan sepak bola, yaitu memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Futsal sendiri merupakan permaianan yang sangat digemari baik dari yang muda maupun yang tua. Kata “Futsal” berasal dari
Spanyol atau Portugis, futbol dan sala

Berbeda dengan sepak bola, lapangan futsal berukuran lebih kecil, yakni dengan panjang 25-43 meter dan lebar 15-25 meter. Adapun garis batas pada futsal selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan. Jarak titik pertama dan kedua pada futsal masing-masing 6 meter dan 10 meter dari titik tengah garis gawang. Gawang pada futsal berukuran 2 meter tinggi dan 3 meter lebar.

Pada permainan futsal, jumlah pemain pada setiap regu berjumlah 5 orang, termasuk penjaga gawang. Untuk pemain cadangan, pada permainan futsal diperbolehkan maksimal 7 orang. Adapun wasit pada permainan futsal berjumlah 2 orang, tanpa hakim garis. Untuk waktu pertandingan, lama pertandingan futsal yaitu 2x20 menit dengan lama istirahat 10 menit. Apabila pada akhir pertandingan kedua tim memiliki skor sama, maka dilakukan perpanjangan waktu dengan durasi 2x5 menit. Dan apabila kedudukan kedua tim masih sama, maka dilakukan adu pinalti dengan maksimal gol berjumlah 5. 

Sebelum memulai pertandingan futsal, pemain hendaknya melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Pemanasan cukup dilakukan dengan durasi 5-7 menit. Adapun dalam pertandingan futsal, diperlukan teknik-teknik yang harus dikuasai untuk memperoleh kemenangan. Adapun teknik tersebut antara lain :

1. Kontrol Bola
Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan telapak kaki sebelah depan dengan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol sepatu dalam futsal sangat penting sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain.

2. Passing / Pengumpan
Umpanan dapat dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpanan panjang yang menyusur tanah, karena umpanan akan memiliki akurasi paling baik jika dibandingkan dengan lainnya.

3. Dribling / Menggiring
Untuk mengecoh pemain lawan dalam sebuah permainan futsal, seorang pemain futsal harus memiliki kemampuan dalam menggiring bola. Ada beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai dalam bermain futsal, berikut ini beberapa teknik dalam menggiring bola pada permainan futsal:

- Dribbling menggunakan kaki bagian luar
Dengan teknik ini jika menggunakan kaki kanan pemain futsal dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
- Dribbling menggunakan kaki bagian dalam
Dengan teknik ini pemain futsal dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
- Dribbling menggunakan bagian punggung kaki
Dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Akan tetapi teknik ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

4. Menendang Keras ( Shooting )
Teknik menendang keras yang efektif dalam permainan futsal adalah menendang bola dengan menggunakan ujung kaki /  sepatu, karena dengan teknik ini bola akan melesat cukup kencang dan bola juga akan tetap bergerak lurus.

5. Kecepatan
Ciri dari permainan futsal adalah kecepatan, maka pemain futsal dituntut cepat dalam mengalirkan bola, bergerak mencari ruang untuk menerima umpan, dan bereaksi, karena dengan pergerakan yang cepat, seorang pemain futsal akan dapat mengecoh lawan dan dalam melakukan penjagaan serta juga dapat dengan cepat menyusun formasi baik itu ketika melakukan penyerangan ataupun ketika bertahan. Oleh karena itu kecepatan harus mutlak dikuasai sebagai salah satu teknik dasar futsal.

6. Fisik
Karena dalam permainan futsal dituntut banyak bergerak, berlari dengan kecepatan, maka dibutuhkan fisik yang bugar, karena tanpa fisik yang baik sangat sulit seorang pemain futsal menjalani pertandingan dengan tempo tinggi.

Peraturan futsal sama ketatnya dengan basket. Kontak badan akan diberi pelanggaran, dan juga tidak boleh melakukan tackling terhadap kaki lawan, tidak seperti dalam bermain bola lapangan besar. Maka dari itu hendaknya pemain sebisa mungkin menghindari kontak fisik agar terhindar dari pelanggaran dan untuk wasit PSSI untuk futsal tentunya paham dan harus jeli masalah ini.

Informasi Jasa Pembuatan Lapangan
Klik Di Sini
Raga sport flooring adalah salah satu perusahaan dibawah PT. Raga Guanwan Mandiri yang bergerak dibidang jasa pembuatan lapangan olahraga untuk futsal badminton basket tenis dan voli.
0813-3566-6607
Explore